Festival Danau Sentani Awal 2019 di Papua

Festival Sentani Danau Awal 2019 di Papua – Menyuguhkan budaya yang hidup dari berbagai kelompok etnis yang mengelilingi Danau Sentani yang  memukau di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Festival Danau Sentani yang menarik sekali lagi akan berlangsung tahun ini berpusat di kawasan wisata khusus Khalkhote di Timor Timur, Sentani.

Tahun ini, Festival Sentani Danau mengusung tema “Satu dalam Keragaman untuk Mencapai Keagungan” yang mencerminkan semangat persatuan dan harmoni yang dimiliki oleh beragam klan di sekitar danau.

Danau Sentani adalah salah satu danau terbesar di pulau Papua , provinsi paling timur di Indonesia terletak di dekat ibu kota provinsi, Jayapura , di pantai timur laut sisi Indonesia di Papua. Di danau adalah rumah panggung yang dilengkapi dengan jaring untuk mengangkut tangkapan ikan sehari-hari.

Ada lebih dari 33 spesies ikan yang ditemukan di Danau Sentani dengan setengahnya endemik. Wisatawan ke Sentani menikmati berenang di danau, mengobrol dengan penduduk setempat yang ramah, menyaksikan proses pembuatan sagu, mencoba hidangan lokal atau mencicipi buah matoa yang banyak ditemukan di sepanjang jalan atau di pasar lokal

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini akan disoroti dengan berbagai atraksi budaya menarik yang disajikan oleh berbagai suku yang tinggal di sekitar Danau Sentani yang akan dilakukan baik di darat maupun di danau besar.

Festival ini juga akan memperkenalkan lagu-lagu daerah, kerajinan tangan, kontes kuliner, dan bazaar, serta jalinan rambut sebagai ciri budaya lokal. Festival ini juga akan menawarkan beberapa produk terbaik dari wilayah ini termasuk kakao, kopi, dan buah naga, tekstil Batik Papua, kerajinan kulit pohon, dan banyak lagi lainnya.

Bagaimana Kemeriahan Dalam Acara Festival Sentani Danau?

Di antara beberapa highlight festival yang paling dinanti adalah Isilo , sebuah tarian kolosal tradisional di atas kapal yang melibatkan ratusan pemain, tarian perang, dan juga parade budaya yang masif. Tarian dan parade perang selalu menjadi bagian penting dan sakral dari festival ini. Tahun ini, akan ada angsuran Ondoafi , atau pemimpin dan penjaga adat dan tradisi suku.

Untuk mencapai Danau Sentani, ambil penerbangan dari Jakarta , Surabaya , Bali , Makassar , atau kota besar mana pun di Indonesia ke kota Jayapura . Dari kota naik bus kecil ke barat ke Danau Sentani yang dicapai dalam waktu sekitar setengah jam.

Festival Danau Sentani adalah salah satu dari tiga Festival paling mengesankan di Papua di sebelah Festival Lembah Baliem  (diadakan pada bulan Agustus), dan Festival Asmat (diadakan pada bulan Oktober), yang bersama-sama menawarkan presentasi terbaik dan terlengkap dari pulau yang besar dan menakjubkan ini. Papua.

2 thoughts on “Festival Danau Sentani Awal 2019 di Papua”

  1. Pingback: Festival Phinisi 2019 di Bulukumba, Sulawesi Selatan - Travel Blog

  2. Pingback: Kemeriahan Festival Teluk Jailolo 2019 - Travel Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *